Kamis, 09 Agustus 2012

TUTORIAL PEMBUATAN LOCAL AREA NETWORK (LAN)

Pembuatan Jaringan Local Area Network (LAN)

Dalam pembuatan jaringan local area network (LAN) yang saya buat menggunakan sistem operasi windows XP 2 karena mudah dalam pengoprasiannya, sedangkan alat–alat yang dibutuhkan dalam pembuatan jaringan LAN adalah sebagai berikut :
A. Dua buah PC/laptop dengan sistem operasi Windows
B. 1 buah kabel jaringan dengan susunan cross over

Langkah pertama

Langkah pertama dalam pembuatan jaringan Local Area Network (LAN) yaitu menghubungkan kedua komputer/laptop yang akan dibuat jaringan LAN. Dalam menguhubungkan ke-dua computer/laptop tersebut yang harus kita lakukan adalah merubah alamat TCP/IP pada masing–masing komputer/laptop. Caranya dengan membuka Control Panel lalu pilih Network Conection. Kemudian klik kanan pada icon Local Area Conection lalu pilih properties. Seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini. 

Gambar Control Panel

Gambar Network Connection
Klik kanan pada tanda yang dilingkari (Local Area Connection)

Maka akan muncul jendela Local Area Network Properties. Seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini :
Gambar tampilan pada jendela Local Area Network Properties

Pada jendela Local Area Network Properties Pilih Internet Protokol (TCP/IP) [1] (klik satu kali sampai berwarna biru) lalu pilih tombol [2] Properties. Atau bisa juga Klik dua kali pada Internet Protokol (TCP/IP). Yaitu untuk proses merubah alamat TCP/IP. Seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.
 Gambar tampilan pada jendela Local Area Network Properties

Setelah memilih tombol properties atau mengklik dua kali pada Internet Protocol (TCP/IP) maka akan tampil jendela Internet Protokol (TCP/IP) properties. Seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.
Gambar tampilan pada jendela Internet Protokol (TCP/IP) properties

Fungsinya yaitu untuk merubah alamat TCP/IP, dan untuk menyamakan TCP/IP pada dua komputer/laptop tersebut. Untuk merubahnya pertama-tama pilih dulu pada pilihan Use The Following IP address baru bisa mengisi kolom IP address dan subnet mask. Adapun dalam pengisian IP address untuk komputer pertama yaitu dengan mengisi IP address : 125.168. 1 .1 (contoh), lalu tekan Tab pada keyboard dan akan otomatis keluar Subnet mask : 255. 0 . 0 . 0. Dan untuk selebihnya jangan diisi. Jika selesai tekan “OK”. Seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.
 Gambar tampilan pengisian IP address dan Subnet mask untuk komputer 1

Adapun IP address untuk komputer/laptop yang kedua isi engan IP address : 125.168. 1 .2, dan subnet mask 255. 0 . 0 . 0, seperti gambar yang ditunjukan dibawah ini.
Gambar tampilan pengisian IP address dan Subnet mask untuk komputer 2
*Untuk komputer/laptop kedua dalam merubah alamat TCP/IP dilakukan sama seperti yang diatas yaitu pada komputer/laptop 1.
Apabila telah selesai dalam pengisian alamat TPC/IP dan subnet mask tutup jendela pengaturan alamat IP address dengan menekan tombol OK dan close.

Langkah kedua

Setelah menyamakan IP address pada kedua komputer/laptop tersebut langkah selanjutnya adalah merubah nama workgroup komputer. Adapun dalam mengubah workgroup komputer pertama-tama [1] klik start menu kemudian [2] klik kanan pada icon My Komputer atau klik kanan pada icon My Komputer yang ada pada desktop lalu [3] pilih properties maka akan muncul jendela [system properties]. Seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.
Gambar tampilan pada jendela System Properties

Pada jendela System Properties terdapat beberapa pilihan, adapun untuk merubah nama workgroup computer pilih tab Computer Name, dan untuk merubahnya pilih tombol Change. Seperti yang ditunjukan pada gambar diatas.
Setelah mengklik tombol change maka akan tampil jendela Computer Name Changes yaitu untuk merubah nama komputer dan workgroup. Untuk Computer Name saya namai opik, dan pada "member of" ada dua option yaitu [1] domain dan [2] workgroup, pilih workgroup dan rubah nama worgroup tersebut, untuk workgroup saya akan mengubahnya menjadi [POLOS].
**|| Adapun dalam perubahan nama workgroup haruslah sama pada kedua
      komputer/laptop tersebut. Jika selesai klik “OK”. 
Seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.
Gambar tampilan pada jendela Computer Name Changes
**Untuk komputer/laptop kedua dalam merubah nama workgroup komputer dilakukan sama seperti yang diatas yaitu pada komputer/laptop 1.
Apabila sudah selesai membuat dan menyamakan nama workgroup pada kedua komputer/laptop tersebut klik “Apply” lalu “Ok” pada jendela System Properties.
Kurang lebih begitulah cara dalam pembuatan Local area network (LAN), untuk mengetahui apakah pembuatan Local area network tersebut berhasil yaitu salah satunya dengan menggunakan aplikasi bawaan windows sendiri yaitu NetMeeting. Salah satu fungsi NetMeeting yaitu sama seperti aplikasi chating Yahoo Messenger. untuk mengetahui cara mengaktifkan NetMeeting baca selengkapnya..


Kurang lebihnya mohon maaf sampai jumpa di potingan Cara mengaktifkan NetMeeting pada windows

0 komentar:

Poskan Komentar