Jumat, 03 Agustus 2012

Cara Daftar Search Engine

Anda pasti ingin Web Blog anda menjadi terkenal karena itu menjadi kepuasan pribadi atau apalah itu yang penting terkenal karena tujuan utama dari membuat web blog salah satunya adalah agar tulisan atau karya kita bisa di baca atau dilihat oleh orang lain (pengunjung web blog). Karena tanpa pengunjung, web blog yang kita buat akan terasa hambar atau berarti tidak terkenal. Semakin banyak yang berkunjung apalagi dengan memberikan komentar pada apa yang kita posting dan publikasikan tentunya akan membuat kita merasa senang dan bahagia. Akan tetapi, tidak serta merta blog kita akan ramai di kunjungi atau terkenal, karena ini memerlukan usaha publikasi yang gencar dari pemilik web blog apabila ingin banyak pengunjungnya.
Banyak cara yang bisa kita lakukan agar eb blog kita bisa dikenal dan di kunjungi, antara lain adalah dengan rajinnya kita blogwalking atau berkunjung ke web blog milik orang lain atau juga sering berkomentar dan meninggalkan pesan di shoutbox dengan mengisi data dengan link web blog kita, mendaftarkan ke berbagai agregator, dan yang paling efektif agar web blog kita terindeks pada mesin pencari, maka kita harus terlebih dahulu mendaftarkan web blog milik kita melalui situs pemilik search engine atau mesin pencari, seperti mesin pencari yang sudah terkenal di dunia saat ini : GoogleYahoo & Bing, MSN dan masik banyak yang lokal maupun Interlokal yang menyediakan mesin pencari atau lainnya yang bisa membuat blog kita terindeks pada mesin pencari.
Akan tetapi jika web blog anda tidak didaftarkan ke salah satu seperti yang di sebutkan di atas mana mungkin web blog anda terdaftar (terindeks) jadi anggota Search engine tersebut, maka kewajiban kita adalah mendaftarkan URL blog kita pada mesin pencari mereka.
Bila anda yang belum tahu atau bingung cara mendaftarkan web blog supaya cepat terindeks di mesin pencari, maka dari itu saya akan membagi sedikit ilmu tau pengalaman tentang cara mendaftarkan web blog anda ke Search engine, berikut adalah cara dan penjelasanya :

Daftar Search engine Google
Salah satu mesin pencari yang terkenal di dunia adalah Google, karena menurut saya Google adalah search engine paling terkenal di dunia jadi sangat wajib blog kita mendaftar di mesin pencari google supaya blog kita terkenal. Cara mendaftarkan blog anda di google sangatlah mudah tidak rumit, karena tinggal isi URL blog anda dan mengisi code vertifikasi.
Untuk itu cara mendaftarkan situs web blog anda ke search engine google, terlebih dahulu sebelumnya anda harus mempunyai akun GMAIL. Jika anda sudah mempunyai akun GMAIL, anda Login terlebih dahulu dan masuk ke Webmaster Tools Google atau langsung Klik disini || www.google.com/webmasters/tools/submit-url

  • Masukan URL situs web blog anda (jangan lupa masukan https://)
  • Isikan kode verifikasi
  • dan tekan Submit Request
  • Selesai.

Setelah anda melakukan pendaftaran ke Google, maka tidak akan langsung web blog anda terindeks pada mesin pencari, akan tetapi memerlukan 3 sampai 4 minggu baru web blog anda bisa terindeks. Jika sudah 3 sampai 4 minggu, maka cobalah cari alamat blog sobat pada mesin pencari google, apakah sudah terindeks atau masih belum. Jika belum, coba tunggu beberapa minggu lagi, dan cari kembali alamat web blog anda, dan jika ternyata masih belum juga, coba lagi deh daftarin web  blog nya ke google webmaster tools seperti langkah di atas.

Daftar Search engine Yahoo & Bing
Selanjutnya, untuk mendaftarkan web blog anda ke mesin pencari adalah Yahoo & Bing, karena ini juga mesin pencari yang banyak digunakan oleh banyak orang. Untuk mendaftar situs web blog anda di search engine yahoo!  Anda bisa langsung mendaftar melalu webmaster tool Bing, jadi pada proses pendaftaran ini cukup daftarkan pada webmaster bing saja, karena sudah otomatis akan terdaftar juga di Yahoo, namun sebelumnya Anda harus memiliki akun hotmail di Windows Live, jika belum punya akun hotmail silakan buat akun hotmail atau klik disini untuk membuat akun hotmail dan lengkapi form pendaftarannya.

Selanjutnya, masuk ke webmaster bing, silahkan kujungi alamat ini http://www.bing.com/toolbox/webmaster/ maka akan masuk pada halaman seperti gambar dibawah ini

setelah anda masuk lalu sign in dengan akun hotmail yang sudah dibuat tadi, dan akan masuk pada halaman My Sites, seperti gambar dibawah ini:

Masukan alamat web blog anda pada kolom add a site seperti yang di tandai warna merah seperti pada gambar di atas lalu tekan ADD. (atau bisa add site dilakukan yang ada di tengah)
Jikas sudah, maka selanjutnya anda akan dibawa ke halaman add a Site, seperti gambar dibawah :

pada halaman ini isi semua yang di minta penyedia atau isi yang pentingnya saja (yang ada tanda bintang) yang ditandai merah yaitu check box bebas tergantung web anda, jika sudah diisi klik button SAVE yang ada di samping kanan bawah.
jika sudah di save maka akan masuk ke halaman ferivikasi seperti gambar di bawah ini :


disini ada tiga option (pilihan) untuk memferivikasi web blog anda, dan saya sarankan untuk memilih opsi yang ke dua, sebelum klik tombol ferivy anda salin kode yang tertera seperti tanda panah yang ditunjukan pada gambar di atas, salin kode tersebut pada kode xml/html template web blog anda didalam "<HEAD>" lalu simpa, contoh :
"<head>
           <meta name="msvalidate.01" content="ACE8B933E22A947FC208DD09060FF17C" />
</head>"


Jika sudah di salin dan di simpan, balik ke halaman ferivikasi bing dan klik button FERIVY
dan Selesai.


Setelah anda melalukan pendaftaran, sama seperti pada SE Google web blog anda tidak langsung terindeks pada SE, karena membutuhkan beberapa hari bahkan minggu untuk bisa terindeks.


Daftar MSN
Daftar Search Engine di MSN menggunakan akun hotmail yang sudah dibuat pada daftar yahoo & bing tadi, dan Untuk pendaftarannya juga sama seperti di google, tinggal isi Form yang disediakan dan Submit URL. untuk daftar klik disini

Begitulah sodara-sodara..... yang saya tahu tentang sebagian situs untuk pendaftaran Search Engine supaya web kita terindeks di search engine situs web yang sudah populer dikhalayak umum, dimana web blog kitapun gampang dicari oleh orang lain.

Akan tetapi yang lebih praktis lagi supaya web blog kita terindeks pada search engine situs mereka-mereka yang sudah terkenal yaitu menggunakan Web Submitte. Web Submitter membantu kita mendaftar Sekaligus banyak di search engine bisa 40 sampai 50 search engine sekaligus. Gimana, anda penasaran dan mau mencobanya... kan lumayan nggak menguras waktu..hehe [Klik disini]

Semoga Pengalaman ini bisa membantu dan bermanfaat buat agan-agan sekalian disana, untuk kekurangannya mohon maaf ya ..... Terimakasih !!!





0 komentar:

Posting Komentar